Pages

Rabu, 16 Maret 2011

Pengusaha Vs Pegawai

1. Pengusaha

Pak budi adalah seorang pengusaha atau wiraswasta yang cukup suskses di bidang peternakan. Beliau merintis pekerjaannya tersebut sejak tahun 1994, dan sampai sekarang berkembang pesat hingga mempunyai 2 cabang di daerah lendah Kulon Progo. Untuk pusatnya ada di daerah Nglatiyan 1, Ngentakrejo, Lendah, Kulon progo. Untuk cabangnya ada di daerah sumur muling dan wonolopo dekat dengan pusatnya di Nglatiyan 1.

Awalnya pada tahun 1990, pak Budi menjadi seorang penjual gula jawa di pasar. Setelah lama-kelaman pada tahun 1994 beralih ke peternakan ayam petelur. Modalnya berasal dari penjualan gula tersebut, walau hanya bisa mendirikan lahan yang kecil. Akhir setelah beberapa tahun produksi telur pun meningkat dan harga telur pun ikut meningkat juga. Dari keuntungannya itu, pak Budi memperluas lahan peternakannya menjadi dua kali lipatnya dari yang awal tadi. Dan pak Budi pun di bantu oleh anak-anaknya dalam bekerja memelihara ayam petelur tersebut.

Di tahun 2003, pak Budi membuat dua cabang langsung yang lokasinya tidak jauh dari tempatnya. Dan membuka lapangan pekerjaan dengan merekrut 6 orang untuk ikut bekerja memelihara ayam petelur itu. Dan sampai sekarang dengan penghasillanya tersebut, bisa membuat rumah baru dan sepeda motor yang banyak. sekarang hidupnya lebih ringan karena sudah punya pegawai yang mau mengurusi

2. Pegawai

Untuk pegawai yang sukses yang ada di daerah saya adalah bapak parjono, beliau adalah seorang PNS/ guru di SD . Dan sekarang sudah menjadi kepala sekolah di SD tersebut. Alamat rumahnya tidak jauh dari pak Budi, hanya sekitar setengah kilometer saja. Masih dalam 1 dusun yang sama.

Awalnya beliau ketrima menjadi guru SD, tetapi dengan usaha nya yaitu mengajukan sertifikasi dan kuliah lagi, beliau menjadi kepala sekolah di SD tersebut. Dan untuk penghasilannya bertambah 2 kali lipat daripada sebelumnya. Tetapi pak Parjono tetep bekerja terus untuk meningkatkan mutu sekolah tersebut sampai sekarang.


Kesimpulan :

yang dapat kita ambil dari kedua sejarah tersebut, terdapat dua jalur yang berbeda.

pertama dari pengusaha, disini pak Budi belajar bekerja mandiri dan pekerjaannya itu menjadi besar berkat kerja kerasnya sendiri. dan akhirnya sukses mempunyai beberapa cabang lahan peternakan yang di pelihara oleh pegawainya. masa tua nya beliau tidak bekerja lagi, karena mempunyai 6 karyawan. jadi walaupun pak Budi beristirahat atau tidak bekerja tetapi tetap berpenghasilan.

kedua dari Pegwai, disini pak Parjono menjadi Guru terus akhirnya menjadi kepala sekolah di SD tersebut. Tetapi di masa tua nya beliau tetap bekerja untuk tetap berpenghasilan.

0 komentar: