Pages

Rabu, 30 Maret 2011

Sistem Operasi BlackBerry 6.0

Seperti halnya komputer, ponsel juga memiliki sistem operasi yang menjembatani antara perangkat keras dengan program-program yang ada, seperti contact, messaging, kamera, musik player, dan aplikasi lain yang mengikutinya. Seiring dengan begitu cepatnya perkembangan ponsel, saat ini banyak bermunculan ponsel-ponsel baru yang mengusung berbagai macam sistem operasi berbeda. Sekarang akan kita bahas sistem operasi mobile BlackBerry, lebih spesifik adalah Blacberry OS versi 6.

BlackBerry OS adalah milik sistem operasi mobile , yang dikembangkan oleh Research In Motion. Pada tahun 1984 RIM (Research In Motion) didirikan oleh Mike Lazaridis, yang sekarang menjabat sebagai president dan Co-CEO bersama dengan Douglas Fregin sebagai Vice President of Operations. Mereka membangung RIM untuk tujuan bisnis konsultasi barang elektronik dan ilmu computer. Untuk perusahaan BlackBerry dengan smartphone yang diunakan untuk menangani perangkat genggam. Sistem operasi menyediakan multitasking dan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh RIM untuk digunakan di handheld nya. Sistem operasi ini ditulis dalam bahasa pemrograman Java dan bersifat Close Source.

Menurut riset, BlackBerry pertama kali diproduksi pada tahun 1999. Two-way pager adalah perangkat pertama yang diproduksi oleh perusahaan ini, memasuki tahun 2002 BlackBerry telah merilis salah satu smartphone pertamanya. Generasi pertama Perangkat yang dikembangkan BlackBerry adalah trackwheel dan sekarang berevolusi menjadi trackball, trackpads, bahkan Full touchscreen yang stylish dan dinamis. Platform BlackBerry melalui MIDP 1.0 dan, baru-baru inimeluncurkan seri MIDP 2.0, yang memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan Microsoft Exchange , Lotus Domino , atau Novell GroupWise email, kalender, tugas, catatan, dan kontak, bila digunakan bersama dengan BlackBerry Enterprise Server. Sistem operasi ini juga mendukung WAP 1.2.

BlackBerry Software terobosan baru yaitu BlackBerry Widget Software Development Kit (SDK) untuk platform OS BlackBerry 5.0. Sebelumnya aplikasi BlackBerry hanya ditulis dengan bahasa pemrograman Java, tetapi setelah kehadiran BlackBerry Widget SDK baru ini pengembang dapat membuat aplikasi berbasis web untuk smartphone BlackBerry dengan fitur dan fungsionalitas yang tinggi.

BlackBerry Widget menggunakan mesin browser BlackBerry untuk render aplikasi yang menggunakan user interface HTML, CSS, dan JavaScript. Dengan demikian melalui penggunaan BlackBerry Widget API (Application Programming Interface), para pengembang dapat menggunakan isi web yang sudah tersedia untuk membuat BlackBerry Widget dan memperluas kemampuan dari aplikasi web mereka. Sebelum tersedianya Sistem Operasi blackberry, handheld blackberry menggunakan sistem operasi berbasis Java 2 Micro Edition (J2ME) OS pada tahun 2001.

Sementara RIM mengembangkan dan merilis versi update sistem operasi untuk mendukung masing-masing perangkat. April 2010 RIM BlackBerry baru mengumumkan OS versi 6.0.

Blackberry 6 adalah Sistem Operasi terbaru yang mungkin akan menggantikan Blackberry 5 – dan kemungkinan Blackberry 6 hanya bisa di install pada perangkat seperti 9800 Blackberry Torch , BlackBerry Bold 9700, BlackBerry Bold 9650 dan BlackBerry Pearl 3G serta handset BlackBerry masa depan. Untuk pemilik Storm dan Storm 2 tampaknya kurang beruntung, Karena Blackberry 6 Tidak bisa di install di perangkat itu.

Sebelumnya RIM juga pernah mengeluarkan Video mengenai Blackberry 6 ini, dan sistem yang paling mencolok dari OS terbaru mereka adalah Sistem Multi Touch Layar Lebar . black berry ini juga dilengkapi dngen user interface overhaul. Dari tampilan di atas. bisa disimpulkan bawah untuk mengirim sesuatu pada salah satu kontak kita tidak perlu lagi memencet tombol menu, cukup tekan salah satu kontak dan akan keluar tampilan pilihan yang di inginkan . dengan begitu akan lebih singkat bukan ? dan tentunya tidak akan merusak keypad.

Satu kelemahan terbesar Blackberry adalah media sinkronisasi, tapi dengan Blackberry 6 , Masalah tersebut akan diatasi dengan baik. Jaringan Wi-Fi pada Blackberry anda memungkinkan anda untuk melakukan singkronisasi dari komputer / laptop anda (tentunya harus mempunyai Wi-Fi adapter) . No more Cables . Dengan Blackberry 6 , Browser anda akan mengeksekusi script html dengan cepat. (tentunya harus didukung dengan jaringan Akses Data telepon anda). Mendukung penuh HTML5 . hmm lawan yang sebanding dengan iPhone ?

Salah Satu Fitur yang dinanti adalah Social Feed . Social Feed adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna menggabungkan Facebook, Twitter, dan BBM . dan memungkinkan untuk mengupdate status Facebook , Twitter dan BBM bersamaan.

Blackberry juga menyediakan perangkat lunak untuk desktop yaitu Blackberry Desktop Manager, merupakan aplikasi yang digunakan untuk memudahakan handheld BlackBerry untuk berkomunikasi dengan komputer dalam melakukan sinkronisasi data pada kalender, adressbook, task atau memo dan mengupdate perangkat lunak yang ada pada handheld balckberry.

Berikut adalah salah satu Cara Update Blackberry Langsung dari Blackberry

Kamu pasti mengenal proses Update/Upgrade OS Blackberry lewat komputer, dimana kita tinggal mendownload file OS ke Komputer kita, lalu dengan sebuah Application Loader kita bisa langsung melakukan proses Update Sistem Operasi Blackberry kita. Cara seperti ini, bagi sebagian orang memang cukup rumit. Padahal ada sebuah cara yang cukup mudah untuk melakukan Proses Update Blackberry kamu secara langsung, tanpa memerlukan bantuan komputer, yakni proses Update secara OTA (Over The Air).

Caranya masuk ke menu Option > Advanced Option > Wireless Update. Ketika update tersedia untuk Blackberry kamu, akan muncul icon untuk melakukan proses update. Proses seperti ini cukup mudah dilakukan dan tentunya tidak terlalu ribet. Waktu dibutuhkan bisa memakan waktu sampai 2 jam, jadi siap-siap saja untuk mencharge BB kamu, supaya tidak kehabisan baterai waktu proses update sedang berlangsung.

0 komentar: